Jumat, 11 September 2009

riset pada sistem jejaring sosial FaceBook


Penggunaan komputer saat ini tidak terbatas hanya pada fungsinya sebagai pengolah data tetapi sudah mulai bergeser kepada fungsi hiburan. Menjamurnya situs jejaringan sosial terkadang cukup membuat saya terbawa ke dalam alih fungsi komputer dengan koneksi internet. Yup, dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh situs-situs ini cukup membantu saya dalam melakukan komunikasi dengan teman-teman saya. Bahkan pembahasan tugas kuliah pun kerap dilakukan menggunakan situs-situs ini. Tidak salah, banyak simpanan data saya pada pastisi hardisk yang berisi foto,music pun tidak ketinggalan mengisi halaman akun saya. Kali ini kita akan membahas situs jejaringan social yang belakangan lebih sering saya gunakan,yaitu Facebook.

Facebook..

situs jejaring sosial ini benar-benar sudah menyita perhatian banyak orang,khususnya di Indonesia.Situs ini digunakan oleh berbagai kalangan usia,tidak hanya kawula muda bahkan orang tua pun seakan tidak mau ketinggalan untuk menggunakan.Munculnya facebook telah memberikan banyak keuntungan maupun kerugian.Oleh karena itu sangat relevan untuk melakukan riset tentang perlu tidaknya situs jejaring sosial ini.

Untuk melakukan riset kita bisa menentukan parameter-parameter untuk menyimpulkan manfaat dari facebook,seperti:

fungsi facebook
lama penggunaan facebook

Banyaknya pengguna facebook membuat facebook dijadikan ajangan untuk bertemu dengan teman-teman bahkan yang sudah lama tidak bertemu.Berbagai opini orang dalam fungsi facebook dalam kehidupannya.Saya sendiri menggunakan facebook agar tetap bisa berhubungan secara langsung dengan teman-teman,baik itu teman kuliah,SMA ataupun SMP.Ternyata fungsi facebook ini juga telah menimbulkan masalah di facebook bahkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) di beberapa kota telah mengharamkan facebook.Walaupun terdapat keterangan tentang definisi haram,namun sebagai lembaga yang dijadikan panutan dalam beragama di Indonesia hal ini ditanggapi dengan positif maupun negatif oleh berbagai kalangan.Menurut saya pribadi hal ini dianggap berlebihan,karena tujuan awal situs ini dibuat adalah untuk memepermudah komunikasi dan pertukaran data di lingkungan kampus Harvard (http://en.wikipedia.org/wiki/Facebook).

Parameter lain yang dapat dijadikan acuan adalah lama penggunaan facebook.Hal ini juga telah menimbulkan masalah tersendiri di masyarakat.Sifat "candu" yang diakibatkan oleh facebook telah membuat banyak pihak merasa dirugikan.Seperti dikutip "demam facebook ini juga menyebabkan sebagian besar orang termasuk karyawan perusahaan meluangkan waktunya di depan komputer dan meninggalkan pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Hal ini tentunya merugikan bagi perusahaan. itu sebabnya saat ini sudah banyak perusahaan menutup akses ke facebook."(sumber: http://lisye.blog.binusian.org).Saya sendiri mulai merasakan efek candu dari facebook ini.Rata-rata saya menggunakan facebook selama 4-5 jam dalam sehari,dan setiap saya terkoneksi dengan internet hampir dipastikan halaman situs facebook akan ada di tab browser saya.Dari sekedar membuat status sampai dengan share tugas kuliah saya lakukan dengan memanfaatkan situs jejaring sosial ini.Menurut riset di Amerika seorang Facebooker rata-rata menghabiskan waktu sekira lima jam 12 menit untuk bermain Facebook dalam sebulan.(Softpedia, Kamis (9/9/2009).Lama penggunaan facebook bagi saya memang telah menimbulkan masalah-masalah tersendiri dalam kehidupan orang-orang terutama di sekitar saya.

Dari 2 parameter di atas saya menyimpulkan bahwa facebook telah membawa manfaat yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat modern,walaupun terdapat beberapa efek samping negatif.Namun seperti yang saya pelajari dari mata kuliah Manajemen Industri, di mana 85% problems occur because of rule and regulation; 15% problems are because of people. Jadi yang perlu dibenahi adalah peraturannya.Dengan peraturan-peraturan yang tepat sesuai dengan lingkungannya saya pikir bisa menekan efek negatif dari adanya facebook ini.

Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi para Facebookers di luar sana
,,enjoy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar